@thesis{thesis, author={Melly Amelia}, title ={(KP) PERAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN DI SMA PGRI 56 CIPUTAT}, year={2020}, url={http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/1085/}, abstract={Penerapan Total Quality Management (TQM) perlu dilakukan pada lembaga pendidikan sebagai bentuk upaya peningkatan kualitas pendidikan secara khusus output lulusan. Total Quality Management (TQM) yang dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan disekolah akan mendorong pendidikan yang bermutu tinggi. Pendidikan yang bermutu tinggi yang dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memberikan wawasan penerapan Total Quality Management (TQM) dalam meningkatkan proses pembelajaran. Penulis melakukan penelitian pada salah satu sekolah yaitu SMA PGRI 56 Ciputat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan memperoleh data melalui kuesioner dan wawancara secara langsung kepada para reponden yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa masih kurangnya pemahaman dan lemahnya penerapan Total Quality Management (TQM), namun keinginan para pendidik untuk melakukan perbaikan serta meningkatkan kualitas sangat tinggi. Saran yang diberikan adalah pemerintah dan dinas pendidikan perlu melakukan pelatihan pengembangan terkait dengan prinsip-prinsip atau konsep-konsep dan manfaat Total Quality Management disekolah.} }