@thesis{thesis, author={I Gusti Ayu S. I. P.}, title ={EVALUASI KAPASITAS LINTAS RUTE KONDISI EKSISTING DAN SIMULASI PENGARUH WAKTU TEMPUH PERJALANAN COMMUTER LINE AKIBAT DOUBLE–DOUBLE TRACK}, year={2017}, url={http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/178/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kapasitas lintas pada kondisi eksisting (double track) dan juga mengetahui pengaruh double-double track terhadap waktu tempuh commuter line. Data yang dibutuhkan adalah waktu pelayanan sinyal dan blok dengan melakukan observasi lapangan, GAPEKA 2015, GAPEKA realisasi, buku jarak, dan peta layout emplasemen yang selanjutnya diolah dengan untuk mengetahui kapasitas lintasnya. Metode yang digunakan untuk mengetahui nilai kapasitas lintas adalah dengan menggunakan 2 persamaan yakni SCOTT dan KAI. Sedangkan untuk mengetahui waktu tempuh commuter line akibat doubledouble track dengan menggunakan uji stastistik distribusi tabel-t. Hasil penelitian ini menunjukkan kelebihan kapasitas (over capacity) terbesar berdasarkan GAPEKA 2015 dan GAPEKA realisasi terjadi di lintas Jakartakota-Gambir hal ini disebabkan banyaknya operasional kereta pada lintas tersebut. Selain itu, kapasitas sisa (idle capacity) terbesar terjadi di lintas Manggarai-Jatinegara. Kemudian, hasil penelitian pengaruh waktu tempuh commuter line akibat doubledouble track menunjukkan adanya penghematan waktu. Hal ini dikarenakan kereta commuter line tidak mengalami langsir akibat prioritas operasional kereta lintas jawa. Penghematan waktu terbesar terjadi pada fase 1 (jam 06.00-09.00) arah Bekasi, yakni sebesar 3,23 sampai 4,20 menit. Kata kunci : kapasitas lintas, KAI, Scott, waktu tempuh, double-double track} }