@thesis{thesis, author={Aldiansyah Yulianto}, title ={PENGARUH VOLUME KENDARAAN TERHADAP TINGKAT KERUSAKAN PERKERASAN KAKU SERTA KORELASINYA DENGAN BIAYA PERAWATAN JALAN (Studi Kasus: Jalan Perkerasan Kaku Wilayah Bintaro, Tangerang Selatan)}, year={2019}, url={http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/211/}, abstract={Perkerasan kaku ini umumnya dipakai pada jalan yang memiliki lalu lintas cukup padat, dengan jumlah kendaraan yang semakin bertambah dimungkinkan jalan akan mengalami kerusakan dalam waktu yang relatif pendek. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh Volume Kendaraan terhadap Tingkat Kerusakan Jalan serta korelasinya dengan Biaya Perawatan/Perbaikan Jalan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, dengan pengumpulan data dari hasil observasi aau survei langsung dilokasi penelitian dan pengambilan data di PT. Jaya Real Property. Hasil penelitian Kendaraan Ringan (0,000 < 0,05), Kendaraan Berat (0,029 < 0,05) dan Sepeda Motor (0,021 < 0,05) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Tingkat Kerusakan Jalan. Sementara Kendaraan Tak Bermotor tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap Tingkat Kerusakan Jalan (0,451 > 0,05). Persamaan regresi Kendaraan Ringan terhadap Kerusakan jalan yaitu Y= 12,885 + 0,006X, yang berarti 100 Kendaraan Ringan per hari akan meningkatkan Kerusakan Jalan sebesar 0,6. Persamaan regresi Kendaraan Berat terhadap Kerusakan jalan yaitu Y= 12,885 + 0,006X, yang berarti 100 Kendaraan Berat per hari akan meningkatkan Kerusakan Jalan sebesar 11,9. Persamaan regresi Sepeda Motor terhadap Kerusakan jalan yaitu Y= 3,008 + 0,006X, yang berarti 100 Sepeda Motor per hari akan meningkatkan Kerusakan Jalan sebesar 0,4. Persamaan regresi Kendaraan Tak Bermotor terhadap Kerusakan jalan yaitu Y= 12,885 + (-0,027X), yang berarti Kendaraan Tak Bermotor tidak mempunyai pengaruh terhadap penambahan Tingkat Kerusakan Jalan. Kata Kunci: Volume Kendaraan, Kerusakan Jalan, Biaya Perawatan Jalan} }