@thesis{thesis, author={Prayang Anandita}, title ={Pengaruh Speed Hump Terhadap Penurunan Kecepatan Dan Tingkat Kebisingan Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Bintaro Utama)}, year={2019}, url={http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/215/}, abstract={Speed hump merupakan bagian dari vertical measures yang berupa segmen yang cukup tinggi pada jalan, yang dimaksudkan untuk mengurangi kecepatan kendaraan yang melintas, alat ini digunakan untuk mempengaruhi pengendara agar menurunkan kecepatan kendaraannya. Speed hump merupakan salah satu profil berupa setengah lingkaran, berbentuk parabola, atau sinusioidal. Model ini merupakan model terbaik untuk kondisi dengan keepatan yang diinginkan sangat rendah namun berdampak pada peningkatan polusi suara. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengukur dimensi speed hump yang sudah terpasangdi ruas jalan yang diteliti meliputi: bentuk, ukuran, dan bahan pembuatan. Data kecepatan kendaraan (sepeda motor dan kendaraan ringan) yang melintas di ruas jalan yang akan diteliti, meliputi: kecepatan normal (sebelum melewati speed hump) dan kecepatan setelah pengereman (setelah melewati speed hump). Speed hump berpengaruh terhadap kecepatan dan kebisingan, sehingga terbukti bahwa angka kecepatan sebelum melewati speed hump berbeda dengan kecepatan setelah melewati speed hump. Begitu pula dengan tingkat kebisingan yang berbeda sebelum melewati speed hump dengan kecepatan setelah melewati speed hump. Kata Kunci: speed hump, kebisingan.} }