@thesis{thesis, author={Syahzan Nadhine}, title ={PENGUJIAN PSIKOMETRI JAYA LEARNING STYLES INVENTORY UNTUK CALON MAHASISWA BARU UNIVERSITAS PEMBANGUNAN JAYA}, year={2021}, url={http://eprints.upj.ac.id/id/eprint/2403/}, abstract={Keterlambatan dalam penyelesaian studi disebabkan salah satunya akibat ketidakcocokan antara karakteristik mahasiswa dengan program studi mereka. Karakteristik mahasiswa yang berhubungan langsung dengan proses pembelajaran adalah gaya belajar. Oleh karena itu, dibutuhkan tes untuk mengukur gaya belajar calon mahasiswa baru dan memberikan rekomendasi program studi yang sejalan dengan gaya belajar mereka dengan harapan meminimalisir kemungkinan mahasiswa salah jurusan. Peneliti telah menyusun Jaya Learning Styles Inventory dalam kegiatan kerja profesi namun belum dilakukan pengujian psikometri terhadap tes ini, sehingga belum dapat digunakan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Jaya Learning Styles Inventory memiliki nilai pengujian yang reliabel dan valid. Subjek penelitian ini berjumlah 210 orang (108 orang untuk pengujian test-retest). Hasil dari penelitian ini adalah Jaya Learning Styles Inventory memiliki nilai reliabilitas 0,704 jika diuji menggunakan metode test-retest dan sekitar 0,7 untuk setiap dimensi jika diuji menggunakan metode internal consistency (cronbach alpha). Nilai pengujian validitas untuk tes ini adalah sebesar 0,022 jika dilakukan uji beda menggunakan independent samples t-test. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa Jaya Learning Styles Inventory reliabel dan valid dalam mengukur gaya belajar, sehingga dapat disediakan oleh unit Pemasaran, Hubungan Masyarakat, dan Admisi (PHA) Universitas Pembangunan Jaya untuk diberikan kepada calon mahasiswa baru Universitas Pembangunan Jaya.} }