@thesis{thesis, author={Kaisyalin Yusen}, title ={PROSES KOMUNIKASI PEDAGANG KETELA KEPADA KONSUMEN (STUDI KASUS DI PASAR KARANGKAJEN YOGYAKARTA)}, year={2017}, url={http://eprints.upnyk.ac.id/11591/}, abstract={ABSTRAK Penelitianinibertujuanuntukmenganalisisproses komunikasi yang terjadi di PasarKarangkajenYogyakarta. Mengetahui alasan pedagang ketela menggunakan proses komunikasi antar pribadi maupun kelompok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian yang menggabungkan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Dengan kata lain, penelitian kuantitatif tersebut menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif secara bersama-sama, namun dengan pendekatan kualitatif sebagai pegangan utamanya. Macam data yang digunakanyaitu data primer dan data sekunder.Sumber data yang diperolehdaripedagangketela di PasarKarangkajen Yogyakarta.Selainitujugadariliteratur (studipustaka) dan internet.Teknikpengumpulan data dengancaraobservasi, wawancara, studipustakadanpencatatan. Untukmenganalisisproses komunikasidigunakananalisisinduktif.HasilPenelitianinimenunjukkanbahwaProses komunikasi yang terjalinantara ketua paguyuban kepada pedagang yaitu bentuk komunikasi antarpribadi dan komunikasi kelompok. Proses komunikasi yang terjalinantara pedagang ketela kepada konsemen di Pasar Karangkajen Yogyakarta yaitu bentuk komunikasi antarpribadi. Efek yang didapat dari proses komunikasi merupakan para pedagang mematuhi aturan yang dibuat untuk memakai pakaian adat Jawa setiap Kamis Pahing dan konsumen melakukan pembelian kembali ( berlangganan ) serta pembelian dalam skala banyak.Alasan pedagang ketela melakukan bentuk komunikasi antar pribadi kepada konsumen dikarenakan akan lebih mempermudah dalam menyampaikan pesan kepada konsumen yang membeli ketela,karena konsumen yang membeli ketela merupakan individu per individu dan tidak mempunyai kelompok. Kata kunci: Proses komunikasi, pedagangketela,konsumen} }