@thesis{thesis, author={Dewangga Alvian Pandhu}, title ={PERENCANAAN STRATEGI PENGEMBANGAN PADA HOTEL GRAND SURYA YOGYAKARTA}, year={2017}, url={http://eprints.upnyk.ac.id/11718/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan perencanaan strategi pengembangan yang tepat untuk Hotel Grand Surya serta menentukan prioritas perencanaan strategi pengembangan perusahaan yang dapat digunakan oleh Hotel Grand Surya dengan menggunakan metode QSPM. Penelitian tentang perencanaan strategi pengembangan pada Hotel Grand Surya dilakukan dengan menganalisis faktor internal dan eksternal. Analisis tersebut dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dimilki oleh Hotel Grand Surya. Analisis faktor internal dan eksternal juga digunakan untuk mengetahui posisi Hotel Grand Surya saat ini yaitu pada kuadran I dengan kondisi grow and Build (strategi yang dapat diginakan adalah pengembangan produk dan pasar, penetrasi pasar) atau integrative (integrasi kedepan, integrasi kebelakang, dan integrasi horizontal). Penyusunan strategi dilakukan dengan manganalisis faktor kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dimiliki oleh Hotel Grand Surya menggunakan matriks SWOT. Analisis SWOT menghasilkan 9 alternatif strategi pengembangan. Alternatif strategi tersebut dianalisis dengan menggunakan matriks QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) untuk mengetahui alternatif stertegi yang memiliki skor daya tarik tertinggi. Hasil analisis menggunakan matriks QSPM menunjukkan bahwa strategi tentang meningkatkan pemanfaatan promosi melalui media social dan online booking dengan memasukan konten harga, fasilitas, dan layanan penginapan merupakan alternatif strategi yang mendapatkan skor ketertarikan tertinggi. Strategi kedua yang dapat diterapkan adalah bekerjasama dengan Kota Yogyakarta (Dinas Pariwisata) dalam melakukan promosi kepada wisatawan Kota Yogyakarta sebagai hotel yang berada di pusat kota dengan harga yang murah dalam list penginapan pada website Kota Yogyakarta Kata kunci : Perencanaan Strategi, SWOT, QSPM} }