@thesis{thesis, author={NUGROHO R. HANIF SURYO}, title ={PROSES TERBENTUKNYA KOMUNITAS VIRTUAL MENJADI KOMUNITAS SOSIAL (Studi Etnografi Pada Komunitas Info Cegatan Jogja)}, year={2017}, url={http://eprints.upnyk.ac.id/12140/}, abstract={Komunitas sosial merupakan salah satu kelompok sosial yang tumbuh di masyarakat. Komunitas Info Cegatan Jogja (ICJ) telah mengaplikasikan proses panjang terbentuknya sebuah komunitas virtual. Bermula dari media sosial Facebook, komunitas ICJ berkembang menjadi komunitas virtual dan semakin giat beraktivitas setelah melaksanakan pertemuan secara fisik (kopi darat). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses terbentuknya komunitas virtual menjadi komunitas sosial dalam Komunitas ICJ. Tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan konsep realitas virtual dalam fenomena komunitas virtual. Sedangkan kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Computer Mediated Communication dan Realitas Virtual Komunitas sehingga dapat dijelaskan bagaimana proses komunikasi secara detail mengenai pembentukan realitas virtual dalam komunitas virtual hingga komunikasi yang dimediasi komputer dapat membentuk komunitas secara riil . Dilihat dari jenis penelitian, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif guna memperoleh kesimpulan. Peneliti memilih metode Etnografi yang akan diimplementasikan baik dalam ruang virtual maupun riil. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam sebuah proses terbentuknya komunitas sosial menjadi komunitas virtual melalui beberapa fase diantaranya: pertemuan dengan komunitas, Pseudo community, konflik, emptiness, terbentuknya komunitas sosial. Selain itu, dapat disimpulkan bawa definisi komunitas terus mengalami redefinisi seiring dengan perkembangan teknologi komunikasi dan informasi . Kunci utama untuk memahami komunitas sebagai sebuah komunitas sosial adalah saat setiap anggota memiliki keinginan untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini pula yang sering ditemukan dalam komunitas ICJ, baik saat mereka hanya berkegiatan secara virtual/online maupun setelah melakukan kopi darat. Kata Kunci: Realitas Virtual, Komunitas Virtual, Komunitas Sosial, Media Baru} }