@thesis{thesis, author={Setiyorini Diyah}, title ={PERBEDAAN TINGKAT KEMANDIRIAN ANAK USIA PRASEKOLAH YANG MELALUI PLAY GROUP DAN TIDAK MELALUI PLAY GROUP DI TK AL HUDA DESA BEJI KECAMATAN UNGARAN TIMUR KABUPATEN SEMARANG}, year={2017}, url={http://eprints.uwhs.ac.id/857/}, abstract={Latar belakang: Kemandirian merupakan suatu bentuk perilaku yang sangat penting untuk ditanamkan dalam diri anak sejak dini, sebab kemandirian dapat memberikan dampak positif pada anak. Upaya pembinaan terhadap pendidikan anak usia dini diperlukan adanya sebuah upaya untuk melatih dan mengembangkan kemandirian anak. Proses pendidikan anak pada usia prasekolah diharapkan supaya anak lebih mandiri di rumah maupun di luar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan tingkat kemandirian anak usia prasekolah yang melalui play group dan tidak melalui play group di TK Al Huda Desa Beji Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Metode: Desain penelitian ini adalah desain post test only non equivalen control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa TK Al Huda Beji Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden 60 anak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Dilakukan dengan uji Mann Whitney. Hasil: Hasil tingkat kemandirian anak yang melalui play group baik sebanyak 20 responden (33,4%), tingkat kemandirian kurang sebanyak 4 responden (6,6%), tingkat kemandirian anak yang tidak melalui play group baik sebanyak 4 responden (6,6%) dan tingkat kemandirian kurang sebanyak 32 responden (53,4%). Dari uji statistik Mann-Whitney didapatkan p value 0,000 < 0,05 (signifikan). Simpulan: Ada perbedaan tingkat kemandirian anak TK yang melalui play group dan tidak melalui play group di TK Al Huda Desa Beji Kecamatan Ungaran Timur Kabupaten Semarang.} }