@thesis{thesis, author={Ratnasari Ida}, title ={HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD DR. H. SOEWONDO KENDAL}, year={2017}, url={http://eprints.uwhs.ac.id/896/}, abstract={Latar Belakang: Peningkatan kualitas pelayanan diperlukan untuk memberikan kepuasan kepada pasien, petugas profesi kesehatan, manajer kesehatan maupun pemilik institusi kesehatan. Bagi seorang pasien kualitas yang baik biasanya dikaitkan dengan sembuhnya dari rasa sakit, kecepatan pelayanan, keramah tamahan dan tarif pelayanan yang murah. Pelayanan keperawatan yang berkualitas harus memenuhi lima dimensi kualitas utama yaitu responsiveness, assurance, tangibles, emphaty, dan reliability. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Dr. H. Soewondo Kendal. Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Pengambilan sampel dengan tekhnik purposive sampling, didapatkan 98 pasien. Pengambilan data menggunakan kuesioner dan dianlisis menggunakan uji Pearson Product Moment. Hasil: Mean kualitas pelayanan keperawatan berada pada skor 77,36, nilai minimal berada pada skor 53 dan nilai maksimal berada pada skor 100, serta SD berada pada skor 8,919. Mean kepuasan pasien berada pada skor 101,59, nilai minimal berada pada skor 68 dan nilai maksimal berada pada skor 130 serta SD berada pada skor 11,605. Hasil uji statistik Pearson Product Moment terlihat bahwa ada hubungan yang signifikan dan positif antara kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Dr. H. Soewondo Kendal dengan keeratan hubungan kuat dibuktikan dengan p-value=0,000 dan r=0,592. Kesimpulan: Semakin tinggi kualitas pelayanan keperawatan yang diberikan kepada pasien akan semakin tinggi tingkat kepuasan pasien rawat inap di RSUD Dr. H. Soewondo Kendal.} }