@thesis{thesis, author={Sa'diyah Halimatus}, title ={HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI PALEBON 01 KOTA SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/101/}, abstract={HALIMATUS SA?DIYAH. NPM 18120169. "Hubungan Antara Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Palebon 01 Kota Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dr. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. dan Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh, M.Pd. 2023. Pendidikan harus mampu mendukung kemampuan siswa untuk belajar matematika. pengetahuan dan pemahaman tentang matematika sangat penting, tetapi lebih penting lagi bisa mengaplikasikan literasi matematika ini untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Segala aktivitas atau kegiatan dalam kehidupan selalu melibatkan penerapan matematika. Manusia secara tidak langsung menerapkan matematika dalam kehidupan sehari-hari, seperti mengelola uang, mengingat angka dan banyak simbol, rumus, dll, untuk membantu proses perhitungan atau evaluasi yang berkaitan dengan angka. Oleh karena itu, matematika perlu ditanamkan sejak dini. Matematika menjadi mata pelajaran yang diberikan kepada semua jenjang dimulai dari sekolah dasar (Hendriana, Kurniawan, & Nuriadin, 2019: 13). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode penelitian yang digunakan adalah ex-postfacto korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Palebon 01 Kota Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 25 siswa kelas dengan menggunkan teknik non?probability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Hasil analisis yang telah diperoleh peneliti ditemukan adanya hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi nelajar terdapat hubungan yang signifikan. Hal ini terbukti dari hasil uji statistik dengan angka korelasi pearson diperoleh bahwa df sebesar 203 pada tabel nilai ?r?product moment pada taraf signifikan 5% adalah 0,311 dari hasil konsultasi tersebut dapat diketahui bahwasanya rxy lebih besar dari pada nilai tabel berarti H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar perserta didik di SD Negeri Palebon 01 yaitu sebesar 1.035 dan masuk ke dalam derajat hubungan yang lemah atau rendah di mana individu yang memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam lingkungan sekolah belum tentu selalu tinggi dalam minat belajarnya, konsentrasi dan tekun mencapai tujuannya. Kata Kunci: Motivasi belajar; prestasi belajar; matematika.} }