@thesis{thesis, author={Rajafi Haifa}, title ={EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X TKJ DI SMK HARAPAN MULYA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1012/}, abstract={HAIFA RAJAFI. NPM 19110059 ?Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas X TKJ Di SMK Harapan Mulya?. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Siti Fitriana, S.Pd., M.Pd. Kons sebagai dosen pembimbing I, dan Farikha Wahyu Lestari, S.Pd., M.Pd Sebagai dosen pembimbing II. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya siswa yang memiliki sikap prokrastinasi akademik yang tinggi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Siswa mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan tugas dikarenakan adanya perilaku menunda-nunda, 2) Siswa lebih memanfaatkan waktu di luar aktifitas belajar, sehingga menyita waktu yang seharusnya bisa digynakan untuk menyelesaikan tugas, 3) Tugas yang diterima terlalu sulit sehingga menyebabkan tugas dikerjakan di kemudian hari. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok teknik self-management untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas X TKJ di SMK Harapan Mulya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True Eksperimen Design dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ dengan jumlah 120 siswa, terdapat 4 jumlah kelas.. Sampel yang terpilih adalah siswa yang melakukan prokrastinasi akademik kelas X TKJ berjumlah 14 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, kelompok eksperimen mendapatkan treatment dengan menggunakan teknik self-management. Berdasarkan hasil Paired T test, dapat diketahui bahwa hasil sigifikasi (2- tailed) sebesar 0,001. Maka hasil nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 atau 0,001 < 0,05. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan posttest. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan yang diberikan di kelas eksperimen. Jika sampel berjumlah 14 siswa dengan taraf signifikasi 5% maka diperoleh r tabel = 2,145. Sedangkan t hitung = 5,774. Oleh karena itu t hitung > r tabel maka layanan konseling kelompok teknik self?management efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas X TKJ di SMK Harapan Mulya. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya konseling kelompok teknik self-management dapat digunakan sebagai salah satu treatment untuk mengurangi prokrastinasi akademik. kata kunci : prokrastinasi akademik, konseling kelompok, self-management} }