@thesis{thesis, author={HERAWATI ARIANA}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI CANVA DI ERA MERDEKA BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MATERI SEGITIGA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1013/}, abstract={Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Wirosari bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan media video pembelajaran berbasis Canva terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi segitiga. Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan media video pembelajaran berbasis Canva menjadi salah satu solusi untuk mengasah kemampuan penalaran matematis siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wirosari tahun ajaran 2022/2023. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII D dan VIII F dengan masing-masing berjumlah 32 siswa yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi experimental Design. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memberikan tes tertulis dan dokumentasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) Terdapat pengaruh kemampuan penalaran matematis pada pembelajaran dengan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan media video pembelajaran berbasis Canva. (2) Kemampuan penalaran siswa pada model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dengan media video pembelajaran berbasis Canva lebih baik daripada model konvensional. Kata kunci: Pengaruh, TAI, Kemampuan penalaran matematis} }