@thesis{thesis, author={Mujadid Hakim}, title ={IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL PADA TEMA CITA - CITAKU KELAS IV SDN WONOSARI 3 KAB. BATANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1016/}, abstract={HAKIM MUJADID. ? Implementai Model Project Based Learning Berbantu Media Audio Visual Pada Tema Cita-Citaku Kelas IV SDN Wonosari 03 Kab. Batang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2022. Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa di dalam pembelajaran pada materi tematik tema 6 subtema 3 hasil yang diperoleh sangat rendah. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya pembelajaran yang berpengaruh dalam mengoptimalkan kemampuan belajar siswa karena dalam pembelajaran belum menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga menyebabkan siswa kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Apalagi pada saat fase transisi sistem daring ke tatap muka tentunya guru akan membutuhkan treatment yang dapat menambah semangat siswa dalam proses belajar mengajar. Permasalahan dalam penelitian ini adalah ? Apakah Model Project Based Learning berbantu Media Audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar Tema 6 Subtema 3 kelas IV SDN Wonosari 3 Kab. Batang Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang?. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Model Project Based Learning berbantu Media Audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar Tema 6 Subtema 3 kelas I SDN Wonosari 3 Kab. Batang Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True?Eksperimenteal Design dengan jenis Posttest Only Control Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Wonosari 3 Kab. Batang dan SDN Wonosari 1 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 61 siswa yaitu kelas eksperimen Kelas IV SDN Wonosari 3 Kab. Batang berjumlah 30 siswa dan kelas control Kelas IV SDN Wonosari berjumlah 31 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes (soal pilihan ganda). Perolehan ketuntasan hasil belajar siswa dalam kelas eksperimen yaitu dari jumlah 30 siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu 28 siswa dengan nilai rata-rata 86,5. Sementara kelas control dari jumlah 31 siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu 10 siswa dengan rata-rata 59,2. Sedangkan hasil analisis uji t dengan thitung = 7,894 dan ttabel = 1,678 maka thitung > ttabel sehingga ho ditolak dan ha diterima, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Model Project Based Learning berbantu Media Audiovisual dengan hasil belajar siswa menggunakan metode konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya Model Project Based Learning berbantu Media Audiovisual digunakan sebagai salah satu alternative guru dalam melakukan pembelajaran.} }