@thesis{thesis, author={Pranstika Hanreza Yuniari}, title ={PENGARUH BELAJAR DARING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI NILAI TEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN GAYAMSARI 01 SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1024/}, abstract={Hanreza Yuniari Pranstika. NPM 16120430. ?Pengaruh Belajar Daring Berbasis Media Audio Visual Pada Materi Nilai Tempat Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SDN Gayamsari 01 Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Fine Reffiane S.Pd., M.Pd. Pembimbing II. Filia Prima Artharina, S.Pd., M.Pd. Juli 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah di sekolah dasar masih banyak siswa yang menunjukkan bahwa masih rendahnya nilai materi nilai tempat yang masih dibawah KKM 75. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh pembelajaran daring berbasis audio visual pada materi nilai tempat terhadap hasil belajar kelas II SDN Gayamsari 01 Semarang? Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajaran daring berbasis audio visual pada materi nilai tempat terhadap hasil belajar kelas II SDN Gayamsari 01 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan design penelitian pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest design. Metode ini digunakan karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran daring berbasis audio visual pada materi nilai tempat terhadap hasil belajar kelas II SDN Gayamsari 01 Semarang. Prosedur pengumpuan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi Adapun hasil pembahasan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat dilihat bahwa setelah dilakukan penghitungan L0 dan Ltabel kemudian dibandingkan dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh bahwa pada kelas eksperimen L0 < Ltabel. Dengan rincian untuk kelas eksperimen L0 sebesar 0,1780 < Ltabel 0,1981 dan untuk kelas kontrol L0 sebesar 0,1410 < Ltabel 0,2088. Hal ini berarti sampel dari kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji homogenitas diperoleh diperoleh sebesar -55,981 dan sebesar 2,243. Karena < , maka H0 diterima. Penelitian ini dikatakan berhasil belajar karena siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru melalui penjelasan materi secara bertahap, siswa mampu pemahamannya sendiri melalui pemeroleh pengalaman yang baru menggunakan model pembelajaran daring berbasis audio visual pada materi nilai tempat Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pegaruh pembelajaran daring berbasis audio visual pada materi nilai tempat terhadap hasil belajar kelas II SDN Gayamsari 01 Semarang . Kata Kunci : Pengaruh, Media Audi Visual, Nilai Tempat, Hasil Belajar} }