@thesis{thesis, author={Sa’adati Isna}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERTIPE HOTS BERDASARKAN GAYA KOGNITIF}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1028/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika bertipe HOTS berdasarkan gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 34 Semarang yang terdiri dari dua siswa, satu siswa dengan gaya kognitif refektif dan satu siswa dengan gaya kognitif impulsif. Pemilihan subjek dipilih bersadarkan hasil tes Matching Familiar Figures Test (MFFT) guna mengetahui gaya kognitif siswa yang diperoleh 2 siswa dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dengan melakukan tes dan wawancara untuk memunculkan kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif reflektif memunculkan indikator berpikir kritis focus, reason, inference, situation, dan clarity, namun belum memunculkan indikator overview. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif impulsif belum memunculkan semua indikator berpikir kritis FRISCO (focus, reason, inference, situation, clarity, dan overview). Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, HOTS, Gaya Kognitif} }