@thesis{thesis, author={SANKI HERLAKSONO ADITYA}, title ={ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 2 KUNDEN TAHUN AJARAN 2022/2023 KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1031/}, abstract={Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan siswa kelas IV dalam pembelajaran bahasa indonesia. Hal ini disebabkan minimnya minat guru untuk mengembangkan diri, selain itu yang menjadi penyebab kesulitan belajarnya yaitu rendahnya pemusatan perhatian siswa ketika proses belajar mengajar. Permasalahan pada penelitian ini adalah 1). Adakah kesulitan belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SD N 2 Kunden ? 2). Apa faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SD N 2 Kunden. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SD N 2 Kunden dan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SD N 2 Kunden. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Kunden kabupaten Blora. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 12 siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan belajar yang dialami peserta didik masih cukup tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya dan juga parahnya kesulitan belajar yang dialami. Parahnya kesulitan belajar dapat dilihat dari kasus seorang siswa yang tidak bisa membaca di bangku sekolah yang seharusnya dia sudah pandai membaca. Saat orang tuanya lengah atau sedang bekerja mereka memilih untuk bermain. Pada sub indikator faktor alat pelajaran, sebanyak 146 (100%) responden memilih jawaban ?tidak? yang berarti bahwa siswa kesulitan belajar karena guru Bahasa Indonesia tidak menggunakan alat-alat pelajaran (sarana dan prasarana) saat pelajaran berlangsung. Rendahnya pemusatan perhatian siswa ketika proses belajar mengajar bahasa Indonesia berlangsung dan keterbatasan waktu proses belajar mengajar bahasa Indonesia juga menjadi penyebab kesulitan belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Kunden. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan agar lebih mengoptimalkan potensi siswa yang mengalami kesulitan belajar maupun tidak, dengan memperbanyak media atau pembelajaran yang melibatkan kegiatan yang menarik. Kata kunci : kesulitan menyimak, pembelajaran bahasa indonesia.} }