@thesis{thesis, author={NAFFI’AN ISNAINI}, title ={UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DENGAN MENGGUNAKAN POLA PADA ANAK DI TK IT KOTA WALI DEMAK}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1032/}, abstract={ISNAINI NAFFI?AN NPM 20156051 ?Upaya Meningkatkan Keterampilam Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Menggunakan Pola Pada Anak di TK IT Kota Wali Demak? Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kenyataan dilapangan banyak anak yang masih rendah karena anak masih kesulitan dalam mengikuti kegiatan motoric halus seperti menggunting. Masalah dalam penelitian ini tentang Upaya Meningkatkan Keterampilam Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Menggunakan Pola Pada Anak di TK IT Kota Wali Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan menggunakan pola pada anak di TK IT Kota Wali Demak Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 1 anak Kelompok A di TK IT Kota Wali Demak. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri anak pada siklus I perkembangan dalam keterampilan motorik halus anak mencapai presentase 55% yaitu 6 anak yang Berkembang Sangat Baik dan siklus II perkembangan dalam keterampilan motorik halus meningkat mencapai 82% yaitu 9 anak yang Berkembang Sangat Baik. Perkembangan motorik halus pada anak mengalami peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal. Hasil hipotesis yang berbunyi keterampilan motorik halus melalui kegiatan menggunting dengan menggunakan pola pada anak di TK IT Kota Wali Demak. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya Anak TK lebih optimal dalam kegiatan menggunting menggunakan pola pada kegiatan belajar dan bermain, untuk meningkatakan kemampuan motorik halus pada anak.} }