@thesis{thesis, author={Zulaikha Isnaini}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS ANDROID DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA PADA SISWA SMP}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1035/}, abstract={Media pembelajaran merupakan sarana bantu dalam proses belajar mengajar antara guru dan peserta didik. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan produk berupa media pembelajaran matematika berbasis android menggunakan MIT Inventor dengan pendekatan Etnomatematika pada Siswa SMP yang memenuhi kriteria valid, praktis serta efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan metode ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: 1) Analisis, 2) Perancangan (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi, dan 5) Evaluasi. Penelitian ini menggunakan 2 validasi yaitu validasi media dan validasi materi oleh 2 validator. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Teuku Umar Semarang kelas VIII .2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII. 1 sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian menunjukan kevalidan media dan materi yang diuji oleh 2 validator mendapatkan persentase sebesar 86,25% untuk media dan 86,7% untuk materi dengan kriteria sangat baik. Pada angket kepraktisan yang dilakukan pada kelas eksperimen dengan 26 responden mendapatkan persentase sebesar 91,15% menunjukkan kriteria sangat baik. Keefektifan media dilakukan melalui post test kemudian dilanjutkan dengan Uji T dan KBI, KBK pada hasil post-test siswa. Hasil menunjukkan bahwa rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari hasil belajar kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran matematika berbasis android dengan pendekatan Etnomatamtika pada siswa SMP layak digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci : Etnomatematika, Pengembangan Media Pembelajaran, MIT Inventor} }