@thesis{thesis, author={Apriliana Ika}, title ={MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA EKSPRESIF MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK B TK LITTLE APPLE SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1036/}, abstract={Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah anak-anak usia di kelompok B masih ada 7 anak dari 10 siswa yang belum mampu mengungkapkan kata-kata untuk mengekspresikan ide dalam bercerita. Anak berkata tidak bisa ketika diminta untuk melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah diperdengarkan. Selain itu anak juga belum percaya diri ketika diberi kesempatan untuk mengungkapkan ide atau gagasan maupun bertanya. Berdasarkan uraian latar belakang masalah tersebut maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif melalui metode bercerita dengan media boneka tangan pada anak usia dini kelompok B TK Little Apple Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas yang terdiri atas rangkaian empat kegiatan utama yang dilakukan dalam siklus berulang yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B TK Little Apple Semarang yang terdiri dari 4 anak laki laki dan 6 anak perempuan. Penelitian ini diperoleh dengan Teknik analisis deskriptif yang bersifat kualitatif. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan untuk dapat mengungkapkan ide atau gagasan untuk bercerita dan mengungkapkan pendapat ataupun bertanya dengan menggunakan media boneka tangan, peningkatan tersebut yaitu siklus 1 mecapai 30%, pada siklus 2 mencapai 80% kesimpulan dari penelitian ini dengan bercerita menggunakan media boneka tangan maka dapat meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif kelompok B di TK Little Apple. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terdapat beberapa saran bagi guru, hendaknya lebih beragam lagi dalam membuat media bercerita untuk meningkatkan bahasa ekspresif anak.} }