@thesis{thesis, author={Ilham Isti Fahrurrozi Muhammad}, title ={EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI INTENSITAS PENGGUNAAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 2 PEGANDON}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1044/}, abstract={ISTI FAHRURROZI MUHAMMAD ILHAM. NPM 17110075. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok menggunakan Teknik Self Control untuk mengurangi Intensitas Penggunaan Permainan dalam Jaringan (Game online) pada Peserta Didik Kelas VIII F di SMPN 2 Pegandon Kendal?. Skripsi. Prodi Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. 2023. Latar belakang rendahnya pengendalian diri, kurang fokus belajar, sering absen pembelajaran yang diakibatkan sering bermain game secara berlebihan. Permasalahan bagaimana, (1) proses layanan bimbingan kelompok dengan Self Control, (2) dampak penerapan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik Self Control untuk mengurangi intensitas penggunaanpermainan game online. Jenis penelitian pre-experimental designs. Metode pre-experimental design tipe one group pretest-posttest. Tempat SMPN 2 Pegandon Kendal. Teknik samplingpurposive sample, 30 siswa kelas VIII F. Teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data; deskriptif, dan analisis statistik. Hasil (1) prosedur layanan pendahuluan, inti, dan penutup. siswa bermain game pada usia 6-12 tahun, durasi bermain game 31 ? 56 jam per minggu, (2) kondisi awal 63.3% tidak mampu mengontrol diri, setelah dilaksanakan Self Control 66.7% mampu mengontrol penggunaan game online. Saran: Faktor penyebab ketagihan dimunculkan sebagai objek penelitian berikutnya, (2) analisis dilakukan perdimensi, (3) layanan bimbingan digabung dengan strategi lain. Kata Kunci: Game online, Self Control.} }