@thesis{thesis, author={Amali Ilhamsa Khoirul}, title ={IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ZOO BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINERING, ART, AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1057/}, abstract={Ilhamsa Khoieul Amali NPM 19120243. ?Implementasi Media Pembelajaran Zoo Berbasis STEAM (Science, Technology, Enginering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar?. Skripsi Program Stusi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah 1) Rendahnya penggunaan media pembelajaran berbasis STEAM di sekolah dasar. Hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru tentang STEAM. 2) Rendahnya keaktifan siswa dalam kegiatan tanya jawab sehingga siswa kesulitan dalam belajar. 3) Rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan karena keaktifan belajar siswa yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana media pembelajaran ZOO berbasis STEAM terhadap keaktifan belajar siswa? 2) Bagaimana media pembelajaran ZOO berbasis STEAM terhadap prestasi belajar siswa? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran ZOO berbasis STEAM pada keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dalam bentuk one groub pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Rejosari 02 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 23 siswa kelas 1A, data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket, wawancara, dan observasi. Hasil analisis data keaktifan belajar dan prestasi belajar pada uji paired samples t-test menunjukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Pada uji N?Gain Score keaktifan belajar diperoleh rata-rata N-Gain Score 0,7029 dan prestasi belajar diperoleh rata-rata N-Gain Score sebesar 0,3894. Kesimpulannya bahwa media pembelajaran zoo berbasis STEAM dapat meningkatkan keaktifan dengan kategori tinggi dan prestasi belajar dengan kategori sedang pada siswa sekolah dasar. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran zoo berbasis STEAM berpengaruh dan perbedaan yang signifikan terhadap keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa kelas 1A SD Negeri Rejosari 02 melalui percobaan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat sampaikan adalah media pembelajaran zoo berbasis STEAM dapat digunakan sevagai salah satu alternatif guru dalam kegiatan pembelajaran.} }