@thesis{thesis, author={Kartikasari Kartikasari}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VIII PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1078/}, abstract={Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP Kelas VIII dengan karakteristik siswa gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan soal matematika materi SPLDV. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 36 Semarang tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 4 orang yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif FI dan 2 siswa gaya kognitif FD. Subjek ditentukan dengan melakukan tes GEFT untuk mengetahui gaya kognitif siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data tertulis dari tes SPLDV dan wawancara. Tes SPLDV disesuaikan dengan indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, keluwesan dan kebaruan. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif FI memenuhi semua indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, keluwesan dan kebaruan. Sedangkan siswa dengan gaya kognitif FD memenuhi indikator kefasihan dan keluwesan, dan tidak memenuhi indikator kebaruan. Kata Kunci: Berpikir kreatif; field indepedent; field dependent} }