@thesis{thesis, author={Manik Jihan Nura Sekar}, title ={ANALISIS IMPLEMENTASI PENANAMAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS 2 DI FUN & PLAY SPECIAL ELEMENTARY SCHOOL SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1081/}, abstract={Jihan Nura Sekar Manik. 16120143. ?Analisis Implementasi Penanaman Karakter Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas 2 di FUN & PLAY Special Elementary School Semarang?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Salah satu cara untuk meningkatkan kenyamanan dalam proses pembelajaran adalah dengan menciptakan lingkungan yang kondusif. Lingkungan kondusif dapat diwujudkan dengan penanaman karakter peduli lingkungan. Menjaga lingkungan atau melakukan gerakan peduli lingkungan sangat dibutuhkan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih. Menjaga lingkungan bukan hanya tugas dari satu pihak, namun sudah menjadi kewajiban bagi seluruh manusia yang berada dalam lingkungan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis implementasi penanaman karakter peduli lingkungan pada siswa kelas 2 di FUN & PLAY Special Elementary School Semarang. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, siswa, dan orang tua siswa kelas 2 di FUN & PLAY Special Elementary School Semarang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan temuan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas 2 di Fun & Play Special Elementary School terdapat 80% dari keseluruhan siswa menunjukkan sikap kepedulian terhadap lingkungan baik di sekolah maupun di rumah. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi penanaman nilai karakter peduli lingkungan pada siswa kelas 2 di sekolah sudah baik. Guru melakukan penanaman nilai karakter peduli lingkungan dengan menyiapkan materi berkaitan dengan kepedulian terhadap lingkungan. Guru akan memberikan contoh kepada siswa secara langsung untuk mengajak siswa melakukan sikap yang mencerminkan nilai karakter peduli lingkungan. Berdasarkan simpulan dan temuan dari penelitian yang telah dilakukan peneliti, maka saran bagi siswa dengan adanya pembiasaan yang telah dilaksanakan di sekolah siswa diharapkan mampu menjadi pribadi yang lebih peduli terhadap lingkungan sekitar, bagi guru diharapkan bisa terus menjadi panutan yang baik dalam kepedulian terhadap lingkungan dan selalu sabar mendampingi setiap kegiatan yang diikuti oleh sahabat kecil yang hebat, bagi kepala sekolah diharapkan dapat terus berperan mengayomi serta belajar bersama dalam menguatkan karakter peduli lingkungan untuk seluruh warga sekolah, serta bagi pembaca diharapkan dengan membaca skripsi ini mampu memahami dan meningkatkan rasa peduli terhadap lingkungan. Peneliti menyadari bahwa skripsi ini masih jauh dari kata sempurna karena penelitian ini hanya fokus dalam bagaimana implementasi penanaman karakter peduli lingkungan. Maka peneliti mengharap kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kebaikan peneliti dan skripsi ini.} }