@thesis{thesis, author={Herawati Isabel}, title ={PROFIL IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG YANG DITINJAU DARI POTENSI STEAM}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1083/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil implementasi kurikulum merdeka dan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and Mathematic) pada materi perubahan lingkungan di SMA Kesatrian 1 Semarang untuk mengatasi krisis pembelajaran dan loss learning pada abad 21. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan guru di SMA Kesatrian 1 Semarang. Sampel adalah siswa kelas X4 dan guru yang mengajar siswa kelas X4 di SMA Kesatrian 1 Semarang. Pengambilan sampling dengan teknik Purposive Sampling. Instrument dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar angket, lembar wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan menggunakan metode yang dikemukakan oleh Miles Huberman dan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan jika SMA Kesatrian 1 Semarang telah menerapakan kurikulum merdeka dan telah berpotensi untuk menerapkan pendekatan STEAM pada pembelajaran biologi. Namun, perlu memaksimalkan perangakat ajar dan perangkat pembelajaran yang mendukung pembelajaran proyek. Kata Kunci : Kurikulum merdeka, STEAM, SMA Kesatrian 1 Semarang} }