@thesis{thesis, author={Ferdani Jelinshi Nofelantina}, title ={IMPLEMENTASI KEBINEKAAN GLOBAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KESATRIAN 2 SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1087/}, abstract={Kebinekaan global merupakan salah satu dimensi profil pelajar Pancasila yang akan ditumbuhkan pada generasi muda era globalisasi, sekaligus menjadi salah satu visi yang tertuang dalam rencana strategis Kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi Republik Indonesia (Kemendibudristek). Dimensi ini merupakan hal baru yang sebelumnya belum ada dalam penguatan pendidikan karakter. SMA Kesatrian 2 Semarang yang sudah menerapkan kurikulum merdeka mengambil langkah melaksanakan dimensi kebinekaan global, karena mendukung salah satu misi sekolah yaitu terwujudnya lulusan yang beriman dan takwa, berbudi pekerti luhur, berwawasan IPTEK, dan unggul dalam persaingan global. Penelitian ini dirancang dengan metode Deskriptif Kualitatif. Penentuan subjek dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling, yaitu siswa SMA Kesatrian 2 Semarang. Data dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta kesimpulan. Sedangkan, keabsahan data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian, yakni SMA Kesatrian 2 Semarang telah melaksanakan kebinekaan global dengan mengacu pada buku panduan elektronik yang dikeluarkan oleh Kemendikbudristek serta didukung oleh salah satu strategi pelaksanaan kebinekaan global yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Temuan penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan kebinekaan global dengan mengintegrasikan elemen dan sub elemen kebinekaan global dalam mata pelajaran cukup efisien tetapi belum sepenuhnya elemen diterapkan, ada satu elemen yang belum sempurna yaitu berkeadilan sosial dan strategi yang diterapkan hanya satu dari empat yang cukup efisien meskipun belum secara maksimal dan masih harus di pelajari lebih lanjut. Kata kunci: Implementasi, Kebinekaan Global, Profil Pelajar Pancasila} }