@thesis{thesis, author={Kismanto Kismanto}, title ={PENGARUH PERMAINAN RAMBO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI KAYANG KELAS V DI SD NEGERI 2 GELANG KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1093/}, abstract={Kismanto ?Pengaruh Permainan Rambo Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembelajaran Senam Lantai Kayang Kelas V di SD Negeri 2 Gelang Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara?, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa tentang proses pembelajaran senam lantai, yang disebabkan karena dalam kegiatan pembelajaran siswa takut mengalami cedera, siswa ragu bahkan sering berkata tidak bias sebelum melakukan gerakan kayang, siswa diliputi rasa tegang yang berpengaruh pada kelenturan tubuh mereka, ketidaknyamanan membuat tubuh kaku saat melakukan kayang. Tujuan penelitian ini untuk pendekatan bermain ?Rambo? pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Gelang Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara Tahun Ajaran 2022/2023 dapat diperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan mengikuti prosedur penelitian yang mencakup kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi atau evaluasi. Keempat bagian ini berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Penelitian ini dilakukan dengan cara berkolaborasi dengan guru SD Negeri 2 Badamita Kecamatan Rakit Kabupaten Banjarnegara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan permainan ?Rambo? pada materi kayang dapat meningkatkan hasil ketuntasan belajar siswa, karena dengan metode tersebut siswa lebih mudah menerima materi yang diajarkan, hal ini dibuktikan dengan hasil ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran awal siklus I 33,30% meningkat menjadi 62,50% dan meningkat kembali menjadi 91,70% pada siklus II. Kata Kunci: Senam Lantai Kayang, Permainan ?Rambo?, Ketuntasan Belajar Siswa} }