@thesis{thesis, author={Wardani Liana Pramudya}, title ={PENGARUH E-SERVICE QUALITY DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE SHOPEE DENGAN E-TRUST SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Angkatan 2019 - 2022 Universitas PGRI Semarang)}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1117/}, abstract={Studi ini berangkat dari temuan yang menunjukkan bahwa Shopee mengalami penurunan pengunjung pada tahun 2022 hal ini dimungkinkan terjadi karena kurangnya e-service quality dari pihak Shopee dan Online Customer Review yang buruk, serta kondisi risiko saat berbelanja online dapat mengurangi rasa kepercayaan dalam melakukan pembelian masalah tersebut dapat berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada saat ingin berbelanja di Shopee. Berangkat dari permasalahan tersebut, tujuan adanya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh E-Service Quality dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian pada marketplace Shopee dengan E-Trust Sebagai Variabel Intervening. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan metode random sampling melalui penyebaran kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas PGRI Semarang Program Studi Manajemen angkatan tahun 2019 ? 2022 berjumlah 1.373 mahasiswa, sedangkan sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 responden dan teknik analisis data yang digunakan adalah PLS-SEM (Partial Least Square ? Structural Equation Model) pengolahan data ini menggunakan alat bantu SmartPls 4.0. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa E-Service Quality terbukti berpengaruh terhadap E-Trust dengan nilai P-Value sebesar (0,000) dan nilai T?Statistic sebesar (4,679). Online Customer Review terbukti berpengaruh terhadap E-Trust dengan nilai P-Value sebesar (0,000) dan nilai T-Statistic sebesar (43,856). E-Trust terbukti berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,002) dan nilai T-Statistic sebesar (3,134). E-Service Quality terbukti berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,001) dan nilai T-Statistic sebesar (3,297). Online Customer Review terbukti berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,026) dan nilai T-Statistic sebesar (2,233). E-Service Quality yang di mediasi oleh E-Trust terbukti berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai P?Value sebesar (0,017) dan nilai T-Statistic sebesar (2,389). Online Customer Review yang di mediasi oleh E-Trust terbukti berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian dengan nilai P-Value sebesar (0,015) dan nilai T-Statistic sebesar (2,441). Kata Kunci: e-service quality, online customer review, e-trust, keputusan pembelian.} }