@thesis{thesis, author={KUSRIPAH KUSRIPAH}, title ={MENGEMBANGKAN PENGENDALIAN EMOSI MELALUI BERCERITA PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A DI TK DHARMA WANITA DESA GEBANGAN KECAMATAN TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1122/}, abstract={Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya kreativitas anak mengembangkan emosi didalam kegiatan belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode bercerita yang dilakukan guru dalam mengembangkan sosial emosional anak di TK Dharma Wanita Gebangan Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini sebanyak 20 anak kelompok A TK Dharma Wanita Gebangan Tahun Ajaran 2021/2022. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian tindakan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa peranan guru dalam pengendalian emosional anak melalui metode bercerita anak kelompok A TK Dharma Wanita Gebangan dengan indikator pencapaiannya sebagai berikut: Sebelum tindakan mengembangkan pengendalian emosi anak pada kriteria kurang sebesar 15% dan mulai berkembang pada kriteria cukup yaitu 40% pada siklus I. Ketuntasan rasa percaya diri anak meningkat menjadi kriteria baik sekali pada siklus II dengan nilai 85% sehingga pembelajaran dapat dikatakan berhasil karena 80% dari 20 jumlah anak di TK Dharma Wanita Gebangan telah mencapai indikator pengembangan pengendalian emosi. Dari kegiatan awal sampai akhir dibiasakan anak untuk aktif. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah mengembangkan pengendalian emosi dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar. Kata kunci: media kardus bekas, alat dapur, ketrampilan pengendalian emosi} }