@thesis{thesis, author={Renjana Kidung Jamung}, title ={PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA DI SMK PELITA NUSANTARA 1 SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1126/}, abstract={Kidung Jamung Renjana. NPM 19110104. ?Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Prokrastinasi Akademik Siswa di SMK Pelita Nusantara 1 Semarang?. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. M.Th.S.R. Retnaningdyastuti, M.Pd. Pembimbing II Drs. Mujiyono, M.Si., Kons.2021. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyaknya perilaku prokrastinasi akademik pada peserta didik SMK Pelita Nusantara 1 Semarang dan terbatasnya jam masuk kelas untuk guru bimbingan dan konseling. Dengan adanya fenomena tersebut maka muncul keingintahuan dari peneliti terkait peran guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi prokrastinasi akademik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi prokrastinasi akademik siswa di SMK Pelita Nusantara 1 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian lima responden, yaitu: dua guru Bimbingan dan Konseling dan tiga siswa yang melakukan prokrastinasi akademik di sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa Peran guru Bimbingan dan Konseling dalam menangani prokrastinasi akademik siswa sebagai motivator, sebagai director, sebagai inisiator, sebagai fasiliator, sebagai mediator, dan sebagai evaluator. Proses bimbingan dan konseling yang dilakukan guru bimbingan dan konseling setelah mendapat aduan dari wali kelas atau guru mapel akan dilakukan pemanggilan kepada siswa untuk diberikan layanan konseling individual. Setelah pelaksanaan konseling, guru Bimbingan dan Konseling memberikan lembar pemantauan kepada siswa. Apabila siswa belum ada perkembangan, guru Bimbingan dan Konseling akan memberikan pelayanan konseling secara berkala untuk siswa yang belum mampu menyelesaikan permasalahannya. Kata kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Prokrastinasi Akademik} }