@thesis{thesis, author={SIREGAR FERDINA}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN KALICARI 02 SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/113/}, abstract={FERDUNA SIREGAR. NPM 19120204. "Pengembangan Media Pop Up Book pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Kalicari 02 Semarang". Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn.,M.Pd dan Dr. Kartina, S.Si., M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa merasa bosan dan kurang memahami materi bangun ruang. Selain itu juga, murid menganggap pembelajaran yang sangat monoton dan tidak bervariasi, ditambah lagi dengan cara guru menyampaikan materi yang begitu teoritis serta kurang menggunakan media yang bervariasi dan menarik pada pembelajaran matematika dalam materi bangun ruang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pengembangan Pop Up Book dapat mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi bangun ruang kelas V SDN Kalicari 02 Semarang ?; 2) Bagaimana kevalidan dan kepraktisan pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Kalicari 02 Semarang? Dengan tujuan: 1) Mengembangkan Pop Up Book untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi bangun ruang kelas V SDN Kalicari 02 Semarang; 2) Menguji kevalidan dan kepraktisan Media Pop Up Book pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Kalicari 02 Semarang. Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kalicari 02 Semarang. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas V. Semua anggota digunakan sebagai sampel. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pengisian angket, tes, dokumentasi, dan observasi. Hasil pretest dan post-test mengalami kenaikan maka dari itu media Pop Up Book dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami materi bangun ruang. Untuk hasil validasi media oleh ahli media Pop Up Book bangun ruang mendapatkan skor penilaian sebesar 100% dan 90% dengan kategori layak. Untuk hasil validasi materi oleh ahli materi diperoleh skor penilaian sebesar 100% dan 95% dengan kategori sangat layak. Kesimpulannya media Pop Up Book pada materi bangun ruang valid untuk digunakan di SDN Kalicari 02 Semarang. Dari hasil angket respon siswa dan guru kelas V SDN Kalicari 02 Semarang dapat dikatakan bahwa media Pop Up Book pada materi bangun ruang sangat praktis untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media Pop Up Book pada materi bangun ruang dapat digunakan sebagai salah satu media yang digunakan oleh guru. Selain itu, hendaknya peneliti selanjutnya pada media Pop Up Book pada materi bangun ruang dilengkapi dengan daftar pustaka.} }