@thesis{thesis, author={Prasetio Lukman}, title ={PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA SMK NEGERI 1 SUKAMARA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1139/}, abstract={Lukman Prasetio. 17110022. ? Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan Teknik modelling Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Siswa SMK N1 Sukamara?. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dr. Arri Handayani, S. Psi., M. Si, Dr. Chr. Argo Widiharto, S.Psi., M.Si. Maret. 2023. Penelitian pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modeling ini dilatarbelakangi oleh siswa yang sering mengantuk saat jam pelajaran, siswa sering tertidur saat pembelajaran jarak jauh sehinnga tidak mengikuti, nilai sekolah siswa menurun, orangtua atau wali murid mengatakan bahwa selama di rumah anaknya lebih sering bermain game online, banyak waktu yang dihabiskan dengan bermain game online dari pada belajar, siswa menghabiskan waktu bermain game dari setelah sholat isa sampai menjelang subuh, siswa lupa makan dan beribadah karena keasikan bermain game online, siswa juga mengalami imsonia (gangguan tidur), tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk mengurangi kecanduan game online siswa SMK Negeri 1 Sukamara. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI ATPH SMK Negeri 1 Sukamara yang berjumlah 65 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI ATPH 1 dan XI ATPH 2. Try out akan dilaksanakan di kelas XI ATPH 1 dengan jumlah siswa 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Kesimpulan akhir berdasarkan hasil analisis data bahwa hasil pretest pada kelompok eksperimen dengan rata-rata 45,8 dan kelompok kontrol dengan rata rata 50,1, sedangkan pada hasil posttest pada kelompok eksperimen dengan rata rata 63,3 dan kelompok kontrol dengan rata-rata 59,8. Selain itu, dari hasil analisis uji t perbedaan bahwa posttest diantara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol terhadap kecanduan game online dengan menggunakan rumus uji t didapatkan sebesar thitung sebesar 10,3 > ttabel sebesar 2,021 pada taraf signifikan 5% maka thitung lebih besar dari berarti ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan dengan melalui hipotesis yang berbunyi ?ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk mengurangi kecanduan game online siswa SMK Negeri 1 Sukamara. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di sekolah memberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling berkenaan dengan kecanduan game online. Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Kecanduan Game Online.} }