@thesis{thesis, author={Hidayat M. Taufik}, title ={PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 1 KETANGGUNGAN BREBES}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1142/}, abstract={M. Taufik Hidayat. NPM 18110087. Skripsi. Agustus 2023. ?Pengaruh Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes?. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Siti Fitriana, S.Pd., M.Pd., Kons., dan Pembimbing II M.A. Primaningrum Dian, S.Psi., M.Psi., Psi. Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah perilaku tidak disiplin dalam belajar, yaitu: (1) beberapa siswa masih terlambat datang ke sekolah; (2) beberapa siswa masih mencontek, sering bolos, gaduh di kelas, dan terlambat mengumpulkan tugas dari guru; dan (3) beberapa siswa tidak mengerjakan PR dari guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Pre-Experimental Designs tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes berjumlah 72 siswa, terdiri dari kelas XII IPS 1 berjumlah 36 siswa dan kelas XII IPS 3 berjumlah 36 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes berjumlah 36 siswa. Teknik sampling menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data adalah non tes dengan skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XII IPS 1 di SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes. Besarnya pengaruh ditandai dengan perbedaan rata-rata mean pre-test dengan post-test, yaitu diperoleh nilai rata-rata mean pre-test sebesar 80,53 menjadi rata-rata mean post- test sebesar 84,89, maka diperoleh peningkatan rata-rata mean sebesar 4,361 atau 4%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik self management terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes. Kata kunci: bimbingan kelompok dengan teknik self management, kedisiplinan belajar} }