@thesis{thesis, author={Talifin Moh.}, title ={PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DEMOKRASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 34 SEMARANG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1151/}, abstract={Moh. Talifin 19210037 ?Peran Guru PPKn dalam Mengembangkan Budaya Demokrasi di SMP Negeri 34 Semarang?, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023. Latar belakang dari penelitian ini: kurang maksimalnya peran guru dalam mengembangkan budaya demokrasi di sekolah dan kurangnya persepsi guru dan peserta didik dalam mengembangan budaya demokrasi di SMP Negeri 34 Semarang. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengembangkan budaya demokrasi di SMP Negeri 34 Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan peran yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai demokrasi pada siswa. Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Setting penelitian berada di SMP Negeri 34 Semarang, peneliti melakukan penelitian dilapangan dengan mengadakan observasi dan wawancara dengan 10 (sepuluh) subjek yang akan diteliti yaitu mulai dari kepala sekolah, dua guru PPKn, dan 7 peserta didik di SMP Negeri Semarang. Proses tersebut dinamakan tahap pengumpulan data, karena data yang dikumpulkan banyak, maka diadakan reduksi data. Setelah reduksi data kemudian diadakan sajian data. Hasil penelitian yang diperoleh antara lain 1) Aktualisasian nilai persatuan dalam kegiatan belajar kelompok di SMP Negeri 34 Semarang ini juga sudah baik. Tetapi masih ada beberapa siswa yang tidak mengaktualisasikan nilai peran guru. 2) Masih ada beberapa kendala dalam mengaktualisasikan nilai budaya demokrasi pada kegiatan belajar kelompok ini. 3) Cara guru menghadapi semua kendala sudah baik yaitu dengan memberikan konsekuensi dan sanski untuk beberapa siswa yang tidak mengaktualisasikan nilai budaya demokrasi dalam kegiatan belajar mengajar ini. Kesimpulan dari penelitian ini Peran guru PPKn dalam mengembangkan budaya demokrasi sudah berhasil, karena setiap kendala yang dihadapi guru mempunyai cara untuk bisa menghilangkan apa yang menjadi faktor penghambat keberhasilan untuk bisa berhasil mengembangkan budaya demokrasi di sekolah, peran yang dilakukan guru sangat berpengaruh terhadap keberhasilan sehingga siswa bisa mempunyai pendidikan berkarakter yang baik mengenai budaya demokrasi. Kata Kunci : Peran, Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Budaya Demokrasi.} }