@thesis{thesis, author={JAYANTI LELLA DWI}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN BANTUAN APLIKASI AKSI SEKOLAH PADA SISWA KELAS 5 SDN SUGIHREJO 01 GABUS PATI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1166/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbahasa Indonesia pada siswa sekolah dasar sebagai pendukung kegiatan literasi. Mengingat keterampilan berbahasa Indonesia merupakan faktor penting dan berkaitan erat dalam proses pembelajaran maka dari itu, keterampilan berbahasa perlu dilatih sejak bangku sekolah dasar. Dengan siswa menguasai keterampilan berbahasa Indonesia maka secara tidak langsung akan mendukung kegiatan literasi. Oleh sebab itu, dalam pembelajaran Bahasa Indonesia perlu memanfaatkan aplikasi AKSI Sekolah untuk mengetahui kemampuan literasi siswa. Fokus dalam penelitian ini yaitu (1) bagaimana kemampuan literasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan bantuan aplikasi Aksi Sekolah pada siswa kelas 5 SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati?, (2) bagaimana respon siswa kelas 5 SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati terhadap penggunaan aplikasi Aksi Sekolah? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan literasi dalam pelajaran bahasa Indonesia dengan bantuan aplikasi Aksi Sekolah pada siswa kelas 5 SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati, (2) untuk mengetahui dan mendeskripsikan respon siswa kelas 5 SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati terhadap penggunaan aplikasi Aksi Sekolah. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara, tes, angket, dan dokumentasi. Setting penelitian dilakukan di SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati, dengan subjek penelitian adalah guru kelas 5 dan siswa kelas 5 SDN Sugihrejo 01 yang berjumlah 10 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi Bahasa Indonesia siswa untuk kategori tinggi sebesar 30%, kategori sedang sebesar 10%, kategori sangat rendah sebesar 60%, sedangkan kategori sangat tinggi dan rendah memiliki presentase 0%. Secara umum rata-rata kemampuan literasi Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Sugihrejo 01 Gabus Pati tergolong sedang atau normal. Kebanyakan siswa melaksanakan literasi tetapi sebagian dari mereka tidak sepenuhnya paham dan menguasai keterampilan literasi berbahasa Indonesia seperti mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Tidak semua siswa memiliki kesadaran sendiri untuk terbiasa melaksanakan kegiatan literasi. Khususnya literasi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, siswa kurang menguasai keterampilan literasi. Selanjutnya hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa aplikasi tersebut dapat diterima dengan baik oleh siswa kelas V. Siswa sangat senang dan antusias merasa soal cerita dalam aplikasi mudah dipahami apalagi dilengkapi dengan gambar yang menarik. Selain itu, siswa juga termotivasi dan merasa aplikasi AKSI Sekolah dapat membantu memahami pelajaran Bahasa Indonesia dikelas. Namun, sebanyak 20% siswa merasa tidak tertantang dengan adanya waktu dalam aplikasi. Selain itu, sebanyak 30% siswa merasa tidak antusias menjawab soal dengan cara voice note. Berdasarkan hasil penelitian saran yang didapatkan adalah guru dapat memperbaiki desain pembelajaran dengan memanfaatkan media pembelajaran agar lebih menarik dan menyenangkan. Siswa dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin untuk mengasah kemampuan literasi, dan bagi pembaca diharapkan dapat mengembangkan inovasi penelitian ini ke arah yang lebih baik dari pada penelitian sebelumnya. Kata Kunci: Literasi, Bahasa Indonesia, Aplikasi Aksi Sekolah.} }