@thesis{thesis, author={Ichsani Muhammad Maulino Rizqo Nuril}, title ={HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN RONDO DAN PASSING DIAMOND SISWA KELAS XI MIPA 1 DI SMA NEGERI 1 GODONG}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1189/}, abstract={Muhammad Maulino Rizqo Nuril Ichsani. NPM 16230224. ?Hasil Belajar Passing Sepak Bola Melalui Permainan Rondo dan Passing Diamond Siswa Kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Godong?. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang, 2023. Penelitian dilatarbelakangi adanya hasil kemampuan passing sepak bola siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Godong masih rendah, serta kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sepak bola. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan hasil belajar passing sepak bola melalui permainan rondo dan permainan passing diamond siswa kelas XI SMA Negeri 1 Godong. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan two groups pre-test post-test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Godong berjumlah 36 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 28 siswa perempuan. Sampel penelitian adalah siswa perempuan berjumlah 28 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok 1 diberikan permainan passing rondo dan kelompok 2 diberikan permainan passing diamond. Pembagian kelompok menggunakan cara ordinal pairing. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, yaitu praktik passing inside of the foot. Uji persyaratan data menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan hasil belajar passing sepak bola melalui permainan rondo siswa kelas XI SMA Negeri 1 Godong, dengan perbedaan rata-rata mean pre-test sebesar 62,50 menjadi rata-rata mean post-test sebesar 82,14, maka diperoleh peningkatan rata-rata mean sebesar 19,643 atau 20%. (2) Terdapat peningkatan kemampuan hasil belajar passing sepak bola melalui permainan passing diamond siswa kelas XI SMA Negeri 1 Godong dengan perbedaan rata-rata mean pre-test sebesar 67,86 menjadi rata-rata mean post-test sebesar 89,29, maka diperoleh peningkatan rata-rata mean sebesar 21,429 atau 21%. Dapat disimpulkan bahwa permainan rondo dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar passing sepak bola siswa sebesar 20%, sedangkan permainan passing diamond dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar passing sepak bola siswa sebesar 21%. Kata kunci: passing sepak bola, permainan rondo, dan permainan passing diamond} }