@thesis{thesis, author={Rofiqoh Naila Izzatir}, title ={KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTU MEDIA GAMBAR CERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS II SD NEGERI SUMBERAGUNG 01 PATI}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1196/}, abstract={Naila Izzatir Rofiqoh. NPM 19120067. ?Efektifitas Penggunaan Model Problem Based Learning berbantu Media Gambar Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas II SD Negeri Sumberagung 01, Pati?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2019. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam berpikir kritis masih redah dengan rata rata 44% tuntas, sedangkan 88% tidak tuntas. Selain itu guru juga belum pernah menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah efektivitas penggunaan model Problem based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas II SD Neegeri Sumberagung 01? Tujuan yang hendak dicapai peneliti dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Model Problem Based Learning berbantu Media Gambar Cerita untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas II SD Negeri Sumberagung 01, Pati. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre- Eksperimental Design dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Eksperimental Designs dengan jenis one-group pretest-posttest designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SD Negeri Sumberagung 01. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II sejumlah 11 siswa. Berdasarkan perhitungan maka diperoleh hasil pretest sebanyak 0% siswa yang tuntas dan sebanyak 100% siswa yang tidak tuntas. Sedangkan hasil posttest sebanyak 91% siswa yang tuntas dan 9% siswa yang tidak tuntas dengan rata rata posttest 87,7. Hasil analisis hasil uji t menyatakan bahwa nilai Thitung sebesar 11,983. Karena Thitung> Ttabel yaitu 11,983>2,179, maka H0 ditolak dan Ha diterima dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas II SD Negeri Sumberagung 01. Model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternative guru untuk mengajar sehingga siswa lebih aktif selama proses pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat. Kata kunci : Model Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis.} }