@thesis{thesis, author={Mawadah. Atik Nur}, title ={PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI SEMBUNGHARJO 01}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1199/}, abstract={Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya kemandirian belajar pada peserta didik, selanjutnya pentingnya kemampuan berpikir kreatif pada materi pecahan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pecahan kelas IV SD Negeri Sembungharjo 01? Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi terdapat atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pecahan kelas IV SD Negeri Sembungharjo 01. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD Negeri Sembungharjo 01 Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel yang digunakan dalam penelitian dari populasi yaitu siswa kelas IV A yang berjumlah 27 siswa. Pengambilan sampel dalam data menggunakan teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian menggunakan pedoman angket kemandirian belajar dan pedoman tes berupa soal uraian pecahan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Validasi instrumen dalam penelitian ini menggunakan validasi konstruk. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji linieritas. Hasil dari analisis data menunjukan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000 < 0.05 yang berarti bahwa ada pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Nilai R Square sebesar 0.431, nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh kemandirian belajar (X) terhadap kemampuan berpikir kreatif (Y) siswa adalah sebesar 43.1% sedangkan sisanya 56.9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pecahan kelas IV SD Negeri Sembungharjo 01. Dari penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran alternatif yang mampu menumbuhkan siswa berpikir kreatif, guru mampu meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam melakukan kemandirian belaja} }