@thesis{thesis, author={MUSTO’INAH MUSTO’INAH}, title ={ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI TINJAU DARI PERBEDAAN GENDER DI SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1206/}, abstract={MUSTO'INAH, NPM 16120037 ?Analisis Kesulitan Siswa Dalam Pemahaman Konsep Matematika Di Tinjau Dari Perbedaan Gender Di Sekolah Dasar?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang, 2023. Fokus penelitian ini membahas kesulitan siswa pemahaman konsep yang ditinjau dalam perbedaan gender di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan soal matematika pada materi sifat operasi hitung bilangan. (2) untuk mengetahui faktor penyebab siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pemahaman konsep matematika pada materi sifat operasi hitung bilangan,(3) untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep pada siswa laki-laki dan perempuan dalam menyelesaikan soal matematika pada materi sifat operasi hitung bilangan. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa dan guru kelas III SDN 1 Mlilir. Prosedur pengumpulan dataini menggunakan tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan berupa triangulasi teknik. Hasil penelitian ini yaitu: (1) kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal tes 7 indikator pemahaman konsep materi sifat operasi hitung bilangan. (2) penyebabkan kesulitan siswa pada sifat operasi hitung bilangan yaitu faktor internal dan faktor, (3) siswa perempuan memiliki kemampuan pemahaman konsep lebih unggul dari laki-laki. Saran dari penelitian kepada guru yaitu lebih memperhatikan terhadap permasalahan yang dihadapi siswa, baik faktor internal maupun faktor ekternal, dan untuk menghindari kebosanan dan meningkatkan motivasi belajar, khususnya pada pelajaran matematika, disaranakan untuk melakukan inovasi dan lebih kreatif pada saat memberikan bahan ajar.} }