@thesis{thesis, author={LESTARI NANDA AYU}, title ={UPAYA MENINGKATKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI MELALUI PENGEMBANGAN ESQ ( EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIONT ) pada KELOMPOK B di TK DHARMA WANITA KENTENG II TAHUN PELAJARAN 2022/2023}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1220/}, abstract={Nanda Ayu Lestari, NPM 19156155 ?Upaya Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Pengembangan ESQ ( EMOTIONAL SPIRITUAL QUOTIONT ) pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Kenteng II ?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah mengenai kemampuan sosial emosional yaitu terdapat permasalahan dari aspek perkembangan sosial emosional pada anak, yaitu anak belum mampu menghargai sesama teman ketika bermain dan belum mampu bersosialisasi dengan baik. Hal tersebut disebabkan kurangnya rasa sosial dalam diri anak. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kegiatan bermain peran makro dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 4 ? 6 Tahun. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 4- 6 Tahun melalui metode bermain yang mengedepankan keantrian dan kesabaran pada anak di TK Dharma Wanita Kenteng II Tahun Ajaran 2022/2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Populasi penelitian adalah kelompok B di TK Dharma Wanita Kenteng II. Penelitian ini dilaksanakan pada semester Genap selama 2 minggu, minggu pertama yang dimulai dari tanggal 10 April 2023 sampai 12 April 2023, sedangkan minggu kedua dimulai dari tanggal 04 Mei 2023 sampai 06 Mei 2023. Subyek penelitian adalah anak kelompok bermain yang berjumlah 18 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan tindakan, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Data yang telah dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional dapat ditingkatkan melalui kegiatan bermain dan memberikan audio visual kepada anak. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kemampuan sosial emosional dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 5 anak atau 28% yang mempunyai kemampuan sosial emosional dengan penilaian baik. Sedangkan akhir tindakan 14 anak atau 78% yang dapat menirukan kegiatan bermain dan mendengarkan dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan sosial emosional kelompok bermain kelas B TK Dharma Wanita Kenteng II Tahun Pelajaran 2022/2023 dapat ditingkatkan melalui metode bermain dan audio visual.} }