@thesis{thesis, author={SARI NIA AMARA AMBAR}, title ={PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK ANAK KELOMPOK B DI RA AISYIYAH KEPUK}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1222/}, abstract={NIA AMARA AMBAR SARI. NPM 19150041. ?Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Kecerdasan Verbal Linguistik Anak Kelompok B di RA Aisyiyah Kepuk?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Mila Karmila, S.Pd., M.Pd. Dan Dosen Pembimbing II Ismatul Khasanah, S.Pd.I., MPd. Banyak dijumpai anak pada usia 5-6 tahun pada proses pembelajaran yang kesulitan dalam mengomunikasikan perasaan yang dirasakan setelah melakukan kegiatan, mengajukan pertanyaan, dan dalam menjawab pertanyaan mereka cenderung diam. banyak juga ditemukan anak-anak yang masih belum bisa berkomunikasi dengan baik dimana dalam menyampaikan keinginannya kepada guru masih gugup dan terbata-bata. Sikap ? sikap tersebut merupakan ciri ? ciri rendahnya kecerdasan verbal linguistik pada anak dan salah satu faktor penyebabnya adalah kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan dalam meningkatkan kecerdasan verbal linguistik pada anak. Salah satu media yang dapat meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak adalah media pop up book. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimanakah pengaruh media pop up book terhadap kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B di RA Aisyiyah Kepuk. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah media pop up book berpengaruh terhadap kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B di RA Aisyiyah Kepuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Quasi Experimental Design dengan desain penelitian Noon Ekuivalen, Pretest ? Posttest Design. Populasi penelitian adalah Kelompok B RA Aisyiyah Kepuk. Sampel yang diambil adalah acak dari kelompok B RA Aisyiyah Kepuk yang berjumlah 24 anak kemudian dibagi menjadi 2 kelompok dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji t diketahui thitung lebih besar dari ttabel (-9,93954 > -1,71714). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak. Dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan media pop up book terhadap kecerdasan verbal linguistik anak kelompok B di RA Aisyiyah Kepuk. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media pop up book dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan verbal linguistik anak.} }