@thesis{thesis, author={SETIYANINGSIH LINDA}, title ={KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI TRENGGULI 3 DEMAK}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1227/}, abstract={Latar belakang pada penelitian ini adalah salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar yaitu kurangnya media pembelajaran untuk menunjang pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sehingga siswa merasa bosan saat pembelajaran dan sulit memahami materi. Berdasarkan masalah-masalah yang telah di jelaskan sebelumnya sehingga akan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality agar dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi bangun ruang untuk mencapai suatu tujuan yang akan dicapai. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality efektif terhadap materi bangun ruang kelas V dan apakah media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality dapat meningkatkan hasil belajar? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bagaimana keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis augmented reality pada materi bangun ruang terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Trengguli 3 Demak. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah kelas V SD Negeri Trengguli 3 Demak. Sampel yang diambil adalah 31 siswa kelas V SD Negeri Trengguli 3 Demak. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara,tes, dan dokumentasi. Hasil analisis dengan menggunakan uji wilcoxon diperoleh bahwa whitung < wkritis yaitu 3.5 < 163 dengan taraf 5%, yang membuat Ha diterima, H0 ditolak. Peningkatan rata-rata hasil posttest sebesar 78,7. Hal ini dibuktikan dengan nilai siswa yang mencapai KKM 70 sebanyak 28 siswa tuntas dengan nilai tertinggi 100. Sehingga terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interkatif augmented reality pada materi bangun ruang. Dengan uji N-Gain sebesar 57.15% maka media interaktif berbasis augmented reality cukup efektif digunakan pada materi bangun ruang. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi bangun ruang.} }