@thesis{thesis, author={Khafifah Nur'aini}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA DALAM BERMAIN PERAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN KARANGTEMPEL KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1230/}, abstract={Nur?aini Khafifah. NPM.19120344, Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Keterampilan Berbicara Dalam Bermain Peran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SDN Karangtempel Kota Semarang Tahun Ajaran 2022/2023, Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Penelitian ini di latarbelakangi dari adanya permasalahan peserta didik kels IV SDN Karangtempel yang belum mampu menunjukkan keterampilan berbicara dengan baik. Kurangnya minat belajar siswa yang mengikuti pembelajaran di kelas. Di samping itu peserta didik kurang percaya diri ketika berada di depan kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap keterampilan berbicara siswa dalam bermain peran bahasa Indonesia pad a siswa kelas IV SDN Karangtempel kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah Kuantitatif eksperimen, dengan Design One Group Pretest Posttest Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Karangtempel berjumlah 18 siswa, Uji persyaratan data menggunakan uji normalitas dan teknik analisis data menggunakan paired sample t test dengan taraf signifikan 0,05, Berdasarkan hasil penelitian hasil uji t diatas menunjukkan bahwa rata-rata pretest adalah 75 dan rata-rata nilai posttest adalah 90,8. Uji paired correlation menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,024 dimana nilai sig > lebih besar dari 0,00, hal ini berarti antara pretest dan posttest memiliki hubungan atau ada hubungan yang signifikan. Dengan Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap keterampilan berbicara dalam bermain peran pada siswa kelas IV SDN Karangtempel.} }