@thesis{thesis, author={Nuraeni Nuraeni}, title ={PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KECAKAPAN HIDUP ANAK USIA 5-6 TAHUN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1235/}, abstract={NURAENI. NPM 17150002 ?Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecakapan Hidup Anak usia 5-6 tahun?. Skripsi. Program studi pendidikan guru pendidikan anak usia dini, Fakultasilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Ir. Anita Chandra, DS, M.Pd. Pembimbing II EllyaRakhmawati, S.Psi.,S.Pd.,M.Pd. 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini ialah untuk menyelediki kasus yang terjadi pada kehidupan sekitar peneliti mengenai peran orang tua, terutama kecakapan hidup anak usia 5-6 tahun yang harus diwasapadai dan juga diperhatikan oleh setiap orang tua, hal tersebut termasuk dalam bentuk upaya peran orang tua. Oleh sebab itu peneliti mendalami kasus tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah peran orang berjalan murni sepenuhnya atau tidak. Kemudian apakah orang tua era kini mengerti apa itu kecakapan hidup bagi anak usia dini, apakah anak usia 5-6 tahun di tk kartika VIII-47 sudah mampu untuk menunjukan kecakapan hidupnya dalam beraktivitas sehari-sehari. Tujuan dari penelitian ini antara lain untuk memperoleh gambaran tentang peran orang tua dalam menbembangkan kecakapan hidup anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan metode kualitatif deskriptif. ditujukan untuk mempelajari kasus-kasus mengenai peran orang tua dalam mengembangkan kecakapan hidup anak usia dini, seperti fokus pada bagaimana, seperti apa, dan pemberian solusi. Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti berupa temuan-temuan fakta dilapangan, antara lain yaitu, peran orang tua, keterlibatan guru, upaya orang tua dalam melakukan optimalisasi anak yang dimanjakan dan orang tua yang belum sepenuhnya paham dengan konsep kecapan hidup anak usia dini, selanjutnya ditemukan juga bahwa masih terdapat orang tua yang lebih memilih untuk menyerahkan tanggung jawab peran orang tua dalam membentuk dan mengembangkan kecakapan hidup anak kepada pihak sekolah dan guru. Dari hasil temuan yang peneliti temukan dapat me ngakitbatkan hambatan berjalannya peran orang tua. Di sisi lain orang tua memegang penuh peran yang sangat penting dalam mengembangkan kecakapan hidup anak. Berdasarkan hasil penelitian ini maka saran yang dapat peneliti berikan adalah, orang tua dianggap sebagai lingkungan yang dekat anak seharusnya mampu mendedikasikan diri sebagai role model yang baik bagi anak, kemudian perlu diperhatikan bagi orang tua yang masih memanjakan anak, sebaiknya mulai membiasakan anak untuk lebih bisa bekerja atas inisiatifnya sendiri.tidak terlalu memberikan batasan dan lebih mempercayai anak akan membuat anak merasa percaya diri untuk melakukan apapun Kata Kunci : Prang tua, Anak Usia Dini, kecakapan hidup.} }