@thesis{thesis, author={Wijaya Nurulina Aulia}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PADA SISWA SMP NEGERI 1 MAYONG DI TINJAU BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1237/}, abstract={Kemampuan literasi matematika merupukan sebuah kemampuan individu untuk merumuskan, menerapkan, dan menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Menurut PISA kemampuan itu dapat di tinjau melalui tahapan, memahami masalah, membuat rencana peyelesaian, melaksanakan penyelesaian dan memeriksa kembali dan menarik kesimpulan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan literasi matematik ditinjau dari kemampuan awal rendah, kemampuan awal sedang dan kemampuan awal tinggi. Jenis penelitian ini merupakan kulaitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Mayong. Subjek ditentukan melalui hasil nilai ulangan harian matematika siswa. Data dalam penelitian didapatkan melalui nilai ulangan harian matematika siswa, tes tertulis, wawancara, dan dokumentasi. Tes tertulis yang digunakan dalam penelitian ini berupa dua soal uraian materi (SPLDV) sistem persamaan dua variable. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan matematis rendah belum memenuhi ke empat indikator kemampuan matematis yang berupa memahami masalah, Membuat rencana penyelesaian, melaksanakan penyelesaian, memeriksa kembali dan menarik kesimpulan. (2) Siswa dengan kemampuan matematis sedang hanya memenuhi beberapa indikator diantaranya memahami masalah dengan menuliskan unsur diketahui dan ditanayakan, Membuat rencana penyelesaian dengan membuat model matematis namun masih kurang tepat, melaksanakan penyelesaian namun kurang tepat dalam menghitung, serta belum bisa memeriksa kembali hasil yang diperoleh dan belum menarik kesimpulan. (3) Siswa dengan kemampuan tinggi mampu memenuhi semua indikator yang berupa memahami masalah, Membuat rencana penyelesaian dengan tepat, melaksanakan penyelesaian dengan benar dan tepat serta mampu memeriksa kembali jawaban dan menarik kesimpulan dengan tepat. Kata Kunci: Literasi Matematika, Kemampuan Matematis} }