@thesis{thesis, author={Liyanti Oqik April}, title ={ANALISIS GERAKAN LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT BACA SISWA KELAS III SD NEGERI 1 TUNJUNGAN KABUPATEN BLORA}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1243/}, abstract={OQIK APRIL LIYANTI. NPM 19120266 ?Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Kelas III SD Negeri 1 Tunjungan Kabupaten Blora?. Sekripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing adalah Mei Fita Asri Untari .S.Pd.,M.Pd. Dosen Pembimbing II adalah Ervina Eka Subekti.,S.Si.,M.Pd. Juli 2023. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah pembelajaran yang dilakukan di SD Negeri 1 Tunjungan Kabupaten Blora selama Covid 19 dilakukan secara online sehingga Gerakan Literasi Sekolah tidak bisa diterapkan. Kegiatan literasi ini mengakibatkan minat baca siswa berkurang dan siswa malas belajar membaca. Diawal tahun 2023 gerakan literasi sekolah baru mulai diterapkan kembali di SD Negeri 1 Tunjungan. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah pada tahap pembiasaan dan dampak adanya Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 1 Tunjungan. Tujuan dalam penelitian ini diharapkan dapat mengetahui Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah pada tahap pembiasaan di SD Negeri 1 Tunjungan Kabupaten Blora dan Mengetahui dampak adanya Gerakan Literasi Sekolah terhadap minat baca siswa di SD Negeri 1 Tunjungan Kabupaten Blora. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Denga menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Negeri 1 Tunjungan Kabupaten Blora. Data diolah secara Triangulasi teknik. Triangulasi teknik untuk menguji kredibiltas suatu data dilakukan dengan cara melakukan pengecekan pada data yang telah di peroleh dari sumber yang sama menggunakan teknik yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di SD Negeri 1 Tunjungan Kabupaten Blora sudah berjalan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil penyebaran angket, wawancara guru kelas III dan wawancara kepala sekolah, dan dokumentasi. Hasil perhitungan angket minat baca siswa menunjukkan presentase indikator kebutuhan siswa terhadap bacaan 91%, tindakan untuk mencari bacaan 81%, rasa senang terhadap bacaan 90%, keinginan untuk selalu membaca 75% dan menindak lanjuti apa yang dibaca 72%. Kesimpulannya bahwa dengan adanya Gerakan Literasi Sekolah berdampak positif terhadap minat baca siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disimpulkan adalah sekolah meningkatkan sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan Gerakan Literasi Sekolah seperti pojok baca, perpustakaan dan buku bacaan yang dapat menarik siswa untuk menambah minat baca siswa.} }