@thesis{thesis, author={Melintika Putri}, title ={PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENCEGAH PERILAKU MENYIMPANG SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGRI 2 WARKUK OKU SELATAN}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1255/}, abstract={Putri Melintika. NPM 21219001 ?Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Mencegah Prilaku Menyimpang Siswa Sekolah Menengah Pertama Negri 2 Warkuk Oku Selatan?. 2023. Penelitian ini dilakukan oleh adanya perilaku menyimpang pada siswa SMP Negri 2 Warkuk Oku Selatan. Lingkungan sekolah merupakan salah satu lingkungan yang dapat mempengaruhi sikap dan perilaku siswa yang berdampak dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas. Perilaku menyimpang merupakan perilaku atau tindakan yang tidak sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat. Namun untuk mengetahui dan mencegah perilaku menyimpang yang juga merupakan masalah sosial ini maka terlebih dahulu harus di telusuri penyebab mengapa seseorang bisa sampai berbuat atau berperilaku menyimpang, seperti pada area sekolah perilaku menyimpang siswa yang kerap terjadi pada akhir-akhir ini seperti halnya tawuran, membolos, merokok di area sekolah dan beberapa tindakan tindakan yang menuju ke arah kriminal lainnya yang tidak hanya merugikan diri sendiri tetapi juga merugikan khalayak umum. Guru PPKn mempunyai peranan untuk mencegah perilaku menyimpang ini karena tugas Guru bukan hanya menyampaikan materi tapi juga sebagai Guru yang mendidik karakter siswanya agar terhindar dari prilaku menyimpang. Tujuan penelitian ini adalah untuk pendeskripsikan dan menganalisis tentang peran Guru PPKn dalam mencegah perilaku menyimpang di SMP N 2 Warkuk Oku Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Setting penelitian berada di SMP N 2 Warkuk Oku Selatan. Fokus Penelitian ialah Peran Guru PPKn dalam Mencegah Prilaku Menyimpang di SMP N 2 Warkuk Oku Selatan. Indikator pada penelitian ini yaitu peran Guru PPKn dalam mencegah prilaku menyimpang, faktor faktor yang menyebabkan prilaku menyimpang, cara guru PPKn dalam mencegah prilaku menyimpang, Sumber data pada peneitian ini mengunakan sumber data primer dan skunder. Metode penelitian menggunakan analisis interaktif yaitu pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dan data di peroleh dari data responden kemudian data tersebut diolah untuk menyimpulkan hasil analisis data. Berdasarkan hasil analisis data pembahasan bentuk perilaku menyimpang siswa yang paling sering terjadi yaitu terlambat datang ke sekolah dan juga tidak mengunakan seragam lengkap. Hal tersebut terjadi karena beberapa faktor seperti faktor lingkungan, keluarga dan diri siswa itu sendiri. Karena banyaknya faktor yang ada maka dalam hal ini Guru PPKn mempunyai peranan dalam mencegah prilaku yang menyimpang pada siswa, namun dalam melaksanakan tugasnya dalam membimbing siswa dan mengarahkan siswa Guru PPKn juga harus mendapat dukungan dan menjalin kerjasama dengan pihak pihak yang terkait agar dalam penerapannya bisa lebih optimal. Cara yang digunakan guru PPKn di dalam penelitian ini mengunakan cara melakukan pendekatan kepada siswa, menasehati,memotivasi dan selalu memberi himbauan kepada siswa agar tidak melakukan perilaku yang menyimpang, hambatan yang di alami guru yaitu merubah kebiasaan dari dalam diri siswa tersebut, dan kurangnya kerjasama antara pihak sekolah maupun pihak luar sekolah. Kata Kunci: Prilaku Mentimpang, Siswa SMP, Peran Guru.} }