@thesis{thesis, author={Lestari Rachma Dinda}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA POWERPOINT INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV “PERUBAHAN WUJUD ZAT” DI SDN TAMBAKROMO 03}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1258/}, abstract={RACHMA DINDA LESTARI, NPM 19120348. ?Pengembangan Powerpoint Interaktif dalam pembelajaran IPAS kelas IV ?Perubahan Wujud Zat? di SDN Tambakromo 03?. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Skripsi ini peneliti buat karena adanya permasalahan yang ada yakni belum dikembangkannya media pembelajaran berbasis teknologi yang berbentuk Powerpoint Interaktif. Hal tersebut dipengaruhi karena kurangnya guru memanfaatkan teknologi yang sudah tersedia di dalam Microsoft Office Powerpoint Interaktif dan guru lebih memilih menggunakan metode ceramah saja serta jarang dimanfaatkannya media pembelajaran. Dari permasalahan tersebut kemudian munculah ide untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang berbasis teknologi yakni Powerpoint menjadi sebuah media yang lebih interaktif. Peneliti memfokuskan penelitian pada satu materi IPAS kelas IV yakni ?Perubahan Wujud Zat?. Jenis penelitian Research and Development (R&D) dipilih oleh peneliti sebagai metode dalam penelitian. Subyeknya adalah guru kelas IV SDN Tambakromo 03 dan siswa serta Dossen validator ahli media dan materi. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan observasi secara langsung, angket/kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis data menggunakan penyajian data, redaksi data, dan yang terakhir adalah mencari kesimpulan dari hasil penelitian yang sudah dilaksanakan oleh peneliti. Hasil setelah dilaksanakannya penelitian mendapatkan penjelasan dari instrumen penilaian antara dua dosen ahli atau validator ahli materi dan media menghasilkan data akhir yang sama dan menyatakan ?Layak diguakan tanpa revisi?. Data akhir validasi antara ahli media 1 dan 2 menghasilkan nilai rata-rata persentase yakni 93,901%. Sedangkan hasil nilai akhir ahli materi 1 dan 2 menghasilkan rata-rata persentase 92,300%. Hasil dari nilai akhir reliabilitas ahli media 1 dan 2 yakni mendapatkan 99,9%. Sedangkan hasil nilai akhir ahli materi 1 dan 2 yakni mendapatkan 99,7%. Disimpulkan bahwa data atau nilai akhir sudah reliabel. Setelah itu Langkah selanjutnya adalah melaksanakan tahap uji coba kepada siswa kelas IV. Uji coba kepada siswa berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil dari respon siswa yakni media pembelajaran powerpoint interaktif ini layak untuk digunakan dan dibutuhkan sebagai media pembelajaran siswa. Kata Kunci : Powerpoint Interaktif, IPAS Kelas IV, Perubahan Wujud Zat.} }