@thesis{thesis, author={Rusmawandani Rahmadita Putri}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD BERBASIS MICROSOFT POWERPOINT PADA KETERAMPILAN MEMBACA NYARING KELAS II DI SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1270/}, abstract={Rahmadita Putri Rusmawandani. NPM 19120295. ?Pengembangan Media Flash Card Berbasis Microsoft Powerpoint pada Keterampilan Membaca Nyaring Kelas II di Sekolah Dasar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya permasalahan kesulitan membaca nyaring siswa kelas II SD seperti membaca masih terbata-bata, membaca dengan pelafalan yang kurang jelas, membaca dengan intonasi yang kurang tepat, membaca belum sesuai dengan tanda baca yang tepat, sulit memahami bacaan, siswa kesulitan dalam merangkai simbol dari huruf menjadi kata, sehingga perlu bantuan guru ketika membaca. Kesulitan dalam melafalkan inilah yang membuat siswa membaca dengan perasaan gugup maka intonasi dalam bacaan itu tidak akan jelas dalam membaca nyaring. Selain itu, pembelajaran cenderung bersifat teacher center dan guru yang masih kurang mengoptimalkan pemanfaatan penggunaan media pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah pengembangan media flash card berbasis microsoft powerpoint pada keterampilan membaca nyaring siswa kelas II di sekolah dasar valid?, (2) apakah pengembangan media flash card berbasis microsoft powerpoint pada keterampilan membaca nyaring siswa kelas II di sekolah dasar layak?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengidentifikasi validitas media flash card berbasis microsoft powerpoint pada keterampilan membaca nyaring siswa kelas II di sekolah dasar, (2) untuk mengidentifikasi kelayakan media flash card berbasis microsoft powerpoint pada keterampilan membaca nyaring siswa kelas II di sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian dan pengembangan atau Reserch and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, Evaluation). Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II SDN 3 Wulung tahun ajaran 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 22 siswa dengan teknik sampling Non Probability. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara observasi, dokumentasi dan angket. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. (1) Pengembangan media flash card berbasis microsoft powerpoint mendapatkan hasil valid, hal ini didasarkan dari perolehan nilai persentase dari ahli materi sebesar 100% dan ahli media memperoleh nilai sebesar 97% dengan kategori ?sangat layak?. Berdasarkan hasil validasi tersebut, dapat diketahui bahwa media flash card berbasis microsoft powerpoint layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran siswa kelas II sekolah dasar. (2) Hasil persentase respon guru terhadap media pembelajaran sebesar 100% dan hasil persentase siswa sebesar 98%. Berdasarkan hasil persentase, dapat diketahui bahwa media flash card berbasis microsoft powerpoint layak untuk digunakan siswa kelas II sekolah dasar. Berdasarkan hasil persentase, dapat disimpulkan bahwa media flash card berbasis microsoft powerpoint valid dan layak digunakan siswa kelas II SD. Sehingga, guru diharapkan dapat menggunakan media flash card berbasis microsoft powerpoint pada kelas II materi keterampilan membaca nyaring.} }