@thesis{thesis, author={Tyas Riski Wahyuning}, title ={PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENGGUNAKAN CANVA BERBASIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA SMP}, year={2023}, url={http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1352/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menggunakan canva berbasis kemampuan numerasi yang valid atau layak, praktis dan efektif untuk bisa diterapkan pada pembelajaran siswa SMP. Metode yang digunakan adalah pengembangan Research and Development (R&D), dengan model pengembangaan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Analisis data dilakukan dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji One Sample T-Test, Uji ketuntasan belajar, dan uji Independent T TEST. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu (1)Pengembangan bahan ajar berbantuan canva valid atau layak digunakan dalam proses pembelajaran menurut ahli media dan ahli materi. (2) Berdasarkan uji coba lapangan, rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan bahan ajar berbantuan canva lebih baik daripada rata-rata kelas kontrol yang menggunakan bahan ajar buku paket. Hasil belajar kelas eksperimen sudah mencapai ketuntasan yang ditargetkan yaitu 78,125% dan telah mencapai ketuntasan klasikal. Hal ini dapat dinyatakan bahwa bahan ajar menggunakan canva berbasis kemampuan numerasi efektif digunakan di SMP. (3)Hasil penilaian media bahan ajar berbantuan canva ditunjukkan dengan angket penilaian siswa yang diisi oleh 32 siswa pada kelas eksperimen dengan nilai presentase sebesar 90,46%. Presentase tersebut termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga bahan ajar menggunakan canva berbasis kemampuan numerasi praktis diterapkan pada pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Bahan Ajar, Numerasi} }